Beberapa Penyebab Kusen Kayu Dimakan Rayap

Rayap merupakan hama bangunan/rumah yang paling tidak diinginkan kedatangannya oleh setiap pemiliknya.. termasuk Anda. Bagian bangunan yang biasa menjadi sasaran rayap adalah bagian bangunan yang terbuat dari kayu. Yang paling sering dimakan rayap adalah kusen, baik kusen pintu maupun kusen jendela.

Rayap biasa menyerang rumah-rumah sederhana di pemukiman perumahan atau pemukiman perkampungan. Kenapa demikian? Masalahnya utamanya adalah faktor kesalahan konstruksi dan bahan kayu yang digunakan.

Beberapa penyebab rayap menyerang kusen pintu dan jendela rumah Anda, diantaranya sbb :

  • Bahan yang dipergunakan kualitasnya rendah
  • Sebelum dipasang tidak diberi bahan anti rayap
  • Adukan pengikat kusen tidak rapat
  • Kualitas pasangan sloof di atas pondasi tidak baik, atau sama sekali tidak dipasang sloof (biasanya rumah perkampungan)
  • Tembok dinding lembab/basah

Untuk mengatasi rayap yang sudah terlanjur memakan kayu, caranya dengan menggunakan anti rayap, tapi hal ini sebenarnya tidak dijamin tuntas. Sebaiknya, yang paling bagus adalah ketika membangun rumah harus memperhatikan penyebab di atas. Walaupun menggunakan kayu berkualitas nomor 2, tapi apabila diberi anti rayap serta kualitas adukan yang baik maka rayap tidak akan bisa masuk sela-sela kusen.

Demikian beberapa penyebab kusen rumah dimakan rayap. Pencegahan dan perawatan rumah sangat penting, sebab kalau mengabaikan hal ini.. maka kita sendiri yang repot. Rayap pada kusen jika dibiarkan akan dengan cepat menyebar ke rangka atap.

Solusi yang banyak dilakukan oleh orang-orang dalam mencegah rayap adalah dengan cara menggunakan bahan bangunan dari logam, baik kusen, pintu, jendela serta rangka atap.. namun hal ini tentu saja dilihat dari segi arsitektur seperti kantor.

New!! Artikel Terbaru

Beberapa Penyebab Kusen Kayu Dimakan Rayap | Naila Maghfiroh | 4.5